Training Penyetaraan Ahli K3 Listrik & Teknisi Listrik
Semarang, 24 s.d 28 Juli 2017
Telah sukses dilaksanakan oleh PT. Delta Indonesia  Training Penyetaraan Ahli K3 Listrik & Teknisi Listrik dan berjalan dengan lancer & sukses. Training dilaksanakan pada tanggal 24 s.d 28 Juli 2017 di DPD AKLI Jawa Tengah di Semarang. Selama kegiatan berlangsung dengan baik dan berjalan dengan.
Terima kasih kepada para seluruh peserta training, semoga Training Penyetaraan Ahli K3 Listrik & Teknisi Listrik tersebut dapat bermanfaat bagi seluruh peserta dan dapat diterapkan di perusahaan. Semoga kita bisa berjumpa lagi di training lainnya.
Jika bapak/ibu tertarik untuk mengikuti training ini, silahkan menghubungi kami langsung di :
PT. Delta Indonesia Pranenggar
Komplek Suncity Square H-20
Jl. M. Hasibuan, Margajaya, Bekasi
Telp. (021) 888 69 010/ 888 69 021 Fax. 888 68 969
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Website : deltaindo.co.id

Tertarik Dengan Sertifikasi Pelatihan K3 ?

Kita sudah sering kali mendengar mengenai istilah Sertifikasi. Sebenarnya apa sih makna sertifikasi itu ? apalgi kata-kata tersebut biasa terdengar bagi para guru, karena istilah sertifikasi sudah diterapkan di dalam profesi guru. Namun, dari pemerintah tidak hanya guru serta pegawai lainnya saja yang berhak mendapatkan dana sertifikasi, melainkan dalam hal pelatihan K3 juga terdapat sertifikasi. Sebenarnya istilah sertifikasi terbentuk dari BNSP yaitu merupakan kepanjangan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Jadi, badan ini merupakan suatu badan independen Negara yang bertanggung jawab kepada Presiden yang mempunyai kewenangan sebagai otoritas sertifikasi personil dan bertugas juga dalam mlaksanakan sertifikasi kompetensi profesi bagi para tenaga kerja.

Perhatikan Keselamatan Kerja Anda Dalam Pelatihan K3

Mempunyai keahlian dalam bidang keselamatan dan kesehatan kerja  (K3) dalam penerapan ketetapan yang telah ditetapkan oleh Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, sangat bermanfaat sekali. Namun, sebelum membahas lebih lanjut mengenai manfaatnya, kita harus mengenal lebih dulu tentang pelatihan K3. Nah, Pengertian Pelatihan K3 umum yaitu suatu program yang dibentuk oleh Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi guna mempersiapkan ahli dibidang K3 di berbagai perusahaan yang dapat membantu mengembangkan K3 di perusahaan dimana ia berada. Mengenai beberapa manfaat yang dihasilkannya, diantaranya adalah pertama dapat mengurangi angka kecelakaan dan adanya penyakit akibat kerja, dan dapat meningkatkan performa kerja karyawan, karena bisa menjamin keselamatan dan kesehatan para pekerjanyab dalam bekerja.

Info Penting Mengenai pelatihan K3

Berbicara mengenai pelatihan K3, mungkin ada beberapa dari anda yang masih tidak tau dan bertanya-tanya dalam benaknya. Sebenarnya apa yang dinamakan pelatihan K3 ? pelatihan K3 adalah sebuah kepanjangan kata dari kalimat pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja yang disingkat menjadi K3. Program penerapan system manajemen ini sengaja dibuat karena bermaksud untuk meningkatkan kemampuan bagi penanggung jawab K3 agar dapat berperan secara lebih efektif. Dan juga untuk menjamin semua pihak yang masuk dalam resiko agar mengetahui secara mendalam mengenai operasi tempat kerjanya, adanya resiko di tempat kerja, adanya upa-upaya jika terjadi penyakit ataupun kecelakaan yang di akibatkan oleh kerja dan adanya kegiatan berkesinambungan mengenai pencegahan kecelakaan pada kerja.

Pelatihan K3 – Masalah Heat Stress (Sambungan)

 

Heat Cramps

Heat cramps atau kram panas yakni sebuah kejadian kejang atau kram yang terjadi pada otot-otot yang disebabkan oleh hilangnya cairan elektrolit, walaupun sudah diberi  minum air secukupnya tetapi itu tidak akan bisa menggantikan zat garam didalam tubuh, dan bahkan air yang diminum itu akan  mengencerkan cairan elektrolit yang terdapat didalam tubuh dan akan semakin memudahkan cairan elektrolit tersebut semakin keluar dari dalam tubuh sehingga kadar cairan elektrolit akan semakin rendah, dalam hal ini akan menyebabkan otot mengalami kram yang sanagat menyakitkan. Biasanya kram ini bisa terjadi pada otot kaki, lengan, atau perut. Biasanya otot-otot yang terlalu lelah bisa lebih gampang menjadi kram. Kram bisa terjadi selama satu(1) atau setengah jam, itu akan bisa dipulihkan dengan cara meminum cairan yang mengandung elektrolit ataupun garam.

Pelatihan K3 - Heat Stress

Author: Ismail.A ditulis kembali oleh Deltaindo

Apa yang dimaksud dengan Heat Stress disini, yaitu sebuah reaksi secara fisik dan psikis pekerja terhadap sebuah temperatur yang berada diluar kenyamanan pada saat bekerja. Paparan temperatur panas pada tubuh bisa berasal dari sebuah lingkungan kerja (panas yang berasal dari luar), panas disebabkan memakai pakaian yang terlalu tebal. Heat Stress bisa terjadi jika tubuh sudah tidak mampu lagi membuat keseimbangan temperatur tubuh normal disebabkan tingginya beban panas dari luar. Apabila tubuh terkena panas, biasanya sistem pada tubuh secara otomatis akan mempertahankan suhu tubuhnya secara internal supaya tetap pada suhu tubuh normal yaitu 36 – 38 C dengan cairan ataupun keringat. Pada waktu ini organ jantung akan bekerja sangat keras untuk bisa memompa

Pelatihan K3 - Kebutuhan dan Hak Pekerja

Semua orang pada dasanya sangat mebutuhkan sebuah perlindungan terhadap keselamatan serta fisiknya, sebab dengan itu mereka dapat jadi manusia yang selamat serta sehat fisik dan psikis guna menjalani proses hidupnya. Demikian halnya dalam pekerjaan, setiap pekerja memerlukan hal yang sama, yaitu keselamatan serta kesehatan dalam menjalankan aktifitas nya di dunia kerja. Disebabkan pemenuhan kebutuhan yang dibebankan atau menjadi tanggung jawab atau kewajiban pihak lain, maka kebutuhan tersebut bisa menjadi hak. Selayaknya hak maka secara hukum pemenuhan hal tersebut bisa dituntut kepada siapa yang diberikan beban atau kewajiban untuk melaksanakannya. Hak ini pada dasarnya tidak bisa dilepaskan atau diabaikan oleh pihak lain, walaupun itu berdasarkan pada kesepakatan bersama, karena hal itu diposisikan sebagai suatu yang melekat pada pekerja untuk mendapatkan perlindungan akan kesehatan dan keselamatan mereka selama melakukan kegiatan kerja.

Pelatihan K3 alat keselamatan pengelasan

Kebutuhan peralatan keselamatan adalah sangat vital untuk dunia kerja. Tak terkecuali untuk pekerjaan mengelas. dengan menggunakan peralatan keselamatan ini pekerjaan mengelas akan diberikan jaminan perlindungan akan keselamatan untuk dirinya dan juga lingkungannya. Hal ini akan sangat meningkatkan produktifitas untuk para pekerja itu sendiri dan perusahaan. Dan yang tidak kalah penting adalah kualitas dari pengelasan tersebut akan jauh lebih baik.

Mengapa  bisa lebih baik daari segi kualitas dan produktifitas? Ya dikarenakan seorang pekerja merasa sangat terlindungi, secara otomatsi akan merasa lebih aman. Sehingga  bisa lebih berkobsntrasi terhadap pekerjaan tersebut. Tidak terganggu oleh kekhawatiran terjadinya kecelakaan yang fatal serta efek yang bisa ditimbulkan oleh kecelakaan tersebut.

Berikut ini macam macam alat keselamatan kerja las :

 1. Pakaian Kerja

A.  Definisi sinar Ultra Violet dan jenis jenisnya

Radiasi ultra ungu (terjemah dari bahasa Inggris : ultraviolet, yang sering disingkat dengan UV) adalah radiasi elektromagnetik terhadap sebuah panjang gelombang yang lebih pendek dari sinar yang terlihat, namun agak lebih panjang dari sinar X yang lebih kecil. Istilah ultraviolet artinya "melebihi ungu" (dari bahasa Latin ultra, "melebihi"), sedangkan kata ungu merupakan warna panjang gelombang paling pendek dari cahaya pada sinar tampak. Beberapa binatang, termasuk burung, reptil, dan serangga seperti lebah bisa melihat secara langsung hingga mencapai "hampir UV". Banyak buah-buahan, bunga dan benih terlihat lebih jelas di latar belakang dalam panjang gelombang UV dibandingkan dengan penglihatan warna manusia.

 Baca Juga : Pelatihan K3 Umum

Sinar Ultra Violet terdiri dari tiga jenis yaitu sinar ultra violet A (UV-A), ultra violet B(UV-B) dan ultra violet C(UV-C).

  • Sinar Ultra Violet A(UV-A)

    Biasa disebut dengan Aging Rays. Sinar ini memiliki panjang gelombang antara 400 – 315 nano meter. Sinar UV inilah adalah yang paling banyak sampai mencapai ke bumi. Daya penetrasinya lebih kuat dari UV-B, sehingga dapat menjangkau hingga lapisan kulit paling terdalam (dermis), awan yang sedang mendung, kaca kaca jendela atau atap rumah bahkan baju yang sedang kita pakai. Akan selalu ada pada setiap musim dan dimana tempat, maka saat musim dingin atau mendung, sinar Ultra Violet akan selalu tetap ada.

01 / 02
02 / 02

seo checker

Visitors Counter

347450
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
409
445
4817
339234
10404
22426
347450

Surabaya

Ruko Pakuwon Town Square AA/2.25, Surabaya

Semarang

Jl. Mugas Dalam IX,  no. 8  Semarang

Bekasi

Suncity Square H - 20, Jl. M Hasibuan, Marga Jaya, Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 17141

Telp : ( 021 ) 888 69 010, 888 69 021

Fax   : ( 021 ) 888 68 969

JoomShaper